Rabu, 01 Juli 2015

budaya dan makanan khas kalimantan timur



KALIMANTAN TIMUR


Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan. Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di indonesia dengan luas wilayah 245.237,80 km2, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu negara bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. Ibu kota Kalimantan Timur adalah Samarinda.
Kalimantan timur memiliki beberapa macam suku, yaitu suku Dayak dan suku Kutai. Suku Kutai merupakan suku melayu asli dari Kalimantan Timur. Kalimantan Timur juga terdapat suku pendatang dari luar, seperti suku jawa,banjar,bugis,makasar dan masih banyak yang lainnya. Bahasa-bahasa daerah di Kalimantan Timur merupakan bahasa Austronesia dari rumpun Malayo-Polynesia, diantaranya adalah bahasa tidung, bahasa banjar, bahasa berau, bahasa kutai dan bahsa lundayeh. Bahasa kutai adalah bahasa melayu yang hidup dan berkembang sejalan dengan perkembangan suku kutai. Suku kutai adalah suku yang mendiami  alur sepanjang sungai mahakam, dan populasinya terbesar di wilayah bekas kabupaten kutai dahulu (kabupaten induk dari kabupaten kutai barat, kutai kartanegara dan kutai timur saat ini). Bahasa kutai umumnya hidup dan berkembang dalam bentuk penuturan (percakapan), serta sastra dalam bentuk puisi(pantun). Sangat sedikit bukti-bukti tertulis yang dihasilkan dalam bahsa kutai, terlebih lagi yang dihasilkan pada periode pemerintahan Sultan Kutai Kartanegara. Umumnya produk tertulis pada zaman itu berbahasa melayu, dengan aksara arab melayu.


  • ·         MAKANAN KHAS KALIMANTAN TIMUR

Begitu beragam kekayaan yang ada di indonesia, baik itu dari segi budaya, adat istiadat sampai makanan pun mungkin jika didokumentasikan dalam sebuah buku bisa jadi tebalnya setebal kamus ukuran besar. Berbicara makanan khas indoneia, wilayah kalimantan timur turut memberikan kekayaan makanan khas di indonesia. Makanan yang ada di kalimatan timur sangat dipengaruhi oleh budaya baik itu dari suku asli maupun suku pendatang seperti jawa,bugis, banjarmaupun dayak. Tanpa berpanjang lebar langsung saja dibawah ini terdapat 5 makanan khas Kalimantan Timur:

1.       Bubur pedas
Bubur pedas adalah makanan khas suku melayu sambas kalimantan barat. Menengok dalam sejarahnya konon bubur pedasini menjadi makanan yang sering disajikan dalam kerajaan. Dinamakan bubur pedas bukan sebab penggunaan cabai yang sangat banyak melaikan aroma rempah-rempah dalam bubur. Cara memasak bubur ini yaitu dengan mencampurkan kelapa sangrai dan beras sangrai yang sebelumnya telah dihaluskan dengan cara ditumbuk. Rempah-rempah lainnya juga ditambahkan saat proses penumbukan seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, kunyit, jinten, sereh, ladahitam, adas, ketumbar dan aneka sayur yang sesuai dengan selera.

2.       Ayam Cincane

 Ayam Cincane merupakan salah satu kuliner di kota samarinda yang menjadi andalan disana. Biasanya oleh masyarakat samarinda, ayam cincane ini dijadikan hidangan utama saat menyelenggarakan pesta pernikahan maupun acara-acara lainnya. Ciri khas dari ayam cincane ini adalah bumbu yang bewarna kemerahan. Jika anda ingin mencicipinya, ayam cincane dapat anda jumpai di beberapa rumah makan ataupun kedai.



3.       Nasi Bakepor

Komposisi nasi bekepor adalah terdiri dari nasi liwet yang dicampurkan dengan potongan ikan asin, rempah-rempah dan minyak sayur. Dalam penyajiannya nasi bekepor biasanya disandingkan dengan daging masak bumi hangus dan sayur gangan asam kukar sebagai lauk tambahan. Penjelasan mungenai sayur gangan asam kukar adalah sejenis sayur asem yang dimasak dengan campuran didalamnya kepala ikan dan ubi manis.











4.       Nasi Kuning
Nasi Kuning adalah makanan khas yang dimiliki kalimantan timur. Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan rempah-rempah serta kunyit. Bumbu-bumbu dan santan yang ditambahkan ini membuat warna nasi kuning dan rasanya lebih gurih dari pada nasi putih. Biasanya nasi kuning disajikan sebagai tumpeng dan disertai bermacam lauk pauk.





5.       Amplang
Amplang adalah sejenis cemilan kerupuk dengan bentuknya yang unik menyerupai kuku macan. Salah satu bahan dari amplang adalah ikan laut. Rasa ikan yang gurih membuat amplang banyak diburu orang untuk dijadikan oleh-oleh ataupun sekdar camilan keluarga dirumah.




1 komentar:

  1. kuliner di kalimantan emang enak, terus punya resep sendiri yang enjadi khas nya kalimantan


    http://www.marketingkita.com/2017/08/pengertian-distributor-umum-dalam-ilmu-marketing.html

    BalasHapus